KEREN! Mahasiswi IF Menjadi Juara 1 Dalam Pilmapres Tingkat Institusi 2024, Ini Rahasianya!

Pada awal bulan april lalu, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) telah hangat di perbincangkan di Insitut Teknologi Telkom Purwokerto. Tim kemahasiswaan telah merilis 7 kandidat dalam pemilihan Pilmapres 2024, salah satunya Bunga Laelatul Muna sebagai perwakilan program studi Teknik Informatika angkatan 2021.

Setelah melalu proses kompetisi yang panjang, Alhamdulillah Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kak Bunga Laelatul Muna berhasil menjadi Juara 1 Dalam Pilmapres Tingkat Institusi 2024. Berikut merupakan beberapa prestasi dan kegiatan kak bunga yang dirilis pada laman instagram @kemahasiswaan_ittp:

1. Student Mobility to UTHM Malaysia 2024
2. Juara 2 kategori favorit International Hackathon oleh Youth 2023
3. Juara 3 kategori Social Good pada International Hackathon Garuda Hacks 2022
4. Awardee Innovillage 2022
5. Juara 1 Video Argumentatif dari Lingkar Cendekia 2022
6. Juara harapan 2 National Essay Competition oleh BEM FH UPS 2022
7. Finalis Duta Inspirasi Indonesia 2022
8. HKI Aplikasi Eliterasi 2021, HKI Website Si Hanggawana 2022, HKI website Peta Rawan Bencana 2022, KI Aplikasi Permata 2023, HKI Aplikasi Si Cantik Bangsa 2023
9. 100 Peserta terbaik dalam acara ‘Sahabat Inspirasi’ dari Pondok Inspirasi 2022
10. Lolos dan masuk 20 Besar Proposal PKM Tingkat Institusi 2022

Wah keren keren banget ya prestasinya! Ternyata ini loh rahasia dan tips and trick dari kak bunga, agar bisa berprestasi di dunia perkuliahan:

  1. Mengatur Waktu

Untuk menyeimbangi kegiatan kuliah seperti kelas, organisasi dan lomba lomba, Kak Bunga selalu berusaha mengatur dan membagi waktu agar dapat memanfaatkan waktu dengan efektif. “Aku selalu berusaha bagi waktu aku, pagi sampai siang untuk perkuliahan dan malam untuk mengerjakan project” ujar K ak bunga. Ini dia yang kak bunga lakuin dalam mengatur waktu selama berkuliah!

  1. Saat jam perkuliahan fokus pada materi perkuliahan
  2. Sore sampai malam fokus pada project lomba apabila ada jadwal rapat organisasi bisa disambi/multitasking.
  3. Tetep luangin waktu have fun dan enjoy, biasanya di hari jumat sabtu dan minggu dipakai buat main, nongkrong dll sambil mencari inspirasi.

2. Memanfaatkan Peluang

Kak bunga selalu memanfaatkan peluang dengan cara apabila ada mata kuliah yang ada project akhir atau tugas besar kak bunga selalu memanfaatkan project itu dengan mendaftarkannya dalam perlombaan sekaligus, agar tidak bekerja 2 kali.

3. Membuat Rencana Studi Selama 4 tahun berkuliah

Kak bunga membuat planning atau rencana kegiatan apa saja yang akan di lakukan semasa menempuh perkuliahan. Kak Bunga membuat rencana yaitu semester 1, 2 dan 3 yaitu masa untuk beradaptasi dari kehidupan SMA menjadi kehidupan kuliah dan menjadi mahasiswa dan membangun relasi dengan mengikuti organisasi dan beberapa perlombaan serta project dosen. Disemester 4 Kak Bunga berencana untuk mengikuti Exchange namun belum berhasil dan akhirnya kak bunga mengikuti berbagai perlombaan dan project bersama dosen. Disemester 5 Kak bunga mengikuti Student Exchange, semester 6 magang dan tugas akhir, semester 7 skripsi dan lulus.

4. Memiliki motivasi yang kuat

Motivasi kak bunga dalam mengejar prestasi dan menjalani perkuliahan dengan baik adalah orang tua. “Semua yang aku lakuin itu buat orang tua ku karna orang tua pasti bangga kalau anaknya berprestasi” Ucap Kak bunga. Selain karna orang tua yang memotivasi kak bunga juga karna karir, menurutnya dengan kita berprestasi dapat menjadi jembatan untuk karirnya kedepan.

5. Selalu Enjoy dalam Melakukan Sesuatu

Kak bunga memiliki mindset atau pikiran untuk jalanin hidup dengan happy dan enjoy, jangan jadiin hidup kamu sebagai beban atau berat, Ngeluh gapapa tapi jangan sampai putus asa.

6. Jangan Takut Untuk Keluar dari Zona Nyaman

Pesan dari kak bunga buat mahasiswa informatika lainnya yang ingin berprestasi juga yaitu jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Jangan terlalu terpaku pada dunia perkuliahan di dalam kampus, tetapi harus belajar hal lain pula di luar kampus, seperti mengikuti student exchange, mengikuti lomba, mengikuti project dosen. Jika belum mengenal dan dekat dengan dosen bisa dekati dosennya terlebih dahulu, dan ceritakan skill dan minat kepada dosen, agar dosen tertarik untuk berkolaborasi. Dan yang terakhir enjoy, jangan cuma belajar tapi harus main juga dengan teman, keluar dari kampus dan keluar dari kos kalian!

Nah gimana sob?! itu dia tips and trick dari kak bunga sebagai pemenang juara 1 dalam pilmapres tingkat institusi 2024. Buat kalian yang mau berprestasi juga terus semangat ya dan pantang menyerah! semoga bisa menjadi mahasiswa berprestasi seperti kak bunga bahkan lebih baik lagi!

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By Institut Teknologi Telkom Purwokerto