Prodi Teknik Informatika meluncurkan Sistem Informasi Pemantauan PKL

Prodi Teknik Informatika meluncurkan aplikasi pemantauan Sistem PKL (Praktek Kerja Lapangan). Sistem tersebut menggantikan sistem yang lama sehingga dalam memantau kegiatan PKL menjadi lebih mudah dan efisien.

“Paperless, lebih mudah dalam penggunaannya, tidak rawan rusak atau hilang seperti ketika menggunakan buku, baik dosen pembimbing atau pembimbing lapangan dapat dengan mudah memantau kegiatan PKL mahasiswa, lebih mudah dalam merekap nilai PKL” tambah Iqsyahiro Kresna A, S.T., M.T. selaku Admin dari Sistem PKL

Secara umum, untuk melakukan PKL (Praktek Lapangan Kerja), mahasiswa dapat melakukan observasi tentang tempat PKL. Jika sudah ditetapkan, selanjutnya mahasiswa melakukan pengisian form dan kemudian akan dibuatkan surat pengantar oleh akademik fakultas, kemudian surat pengantar tersebut akan dikirim ke perusahaan oleh mahasiswa dan setelahnya akan dillaksanakan PKL sesuai waktu yang telah disepakati.

Sistem yang dibuat terdapat fitur-fitur baru diantara lain adalah mengirimkan pemberitahuan user dan pass kepada Pemlap (Pembimbing Lapangan), monitoring kegiatan harian peserta PKL, pencatatan kegiatan PKL sehari-sehari oleh peserta, mengunduh laporan harian, approve kegiatan PKL oleh Pemlap, penilaian langsung melalui sistem baik oleh Pemlap maupun Dosen pembimbing, upload materi laporan PKL dan presentasi laporan, serta pengumuman melalui sisfo PKL, dan sebagainya.

Alur dari Sistem ini dimulai dengan perijinan surat ijin PKL. Admin akan mendaftarkan mahasiswa ke sisfo PKL. Setelah itu, mahasiswa dapat melengkapi profil diri dan mitra, dan pembimbing lapanganya. Selanjutnya, admin akan memvalidasi pemlap dan mengirimkan user dan pass melalui Whattsap. Data User ini digunakan pemlap untuk mengapprove dan memasukkan nilai PKL masing-masing mahasiswa yang melaksanakan PKL di tempatnya bekerja.

“Sisfo PKL ini sudah digunakan untuk Praktek Kerja Lapangan Fakultas Informatika pada tahun 2020” tambah Iqsyahiro Kresna A, S.T., M.T.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By Institut Teknologi Telkom Purwokerto