DESKRIPSI PROGRAM STUDI

1. lnstitusi Pemberi Gelar Akademik : Institut Teknologi Telkom Purwokerto
2. Nama Program Studi : S1 Teknik lnformatika
3. Gelar Akademik yang diberikan
lnstitusi
: S.Kom
4. Kode Program Studi : 55201
5. Lembaga Pemberi Akreditasi :

Lembaga Akreditasi Mandiri bidang program studi Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) dengan predikat “Baik Sekali

 

6. Bahasa Pengantar Pembelajaran : lndonesia dan lnggris
7. Metode Pembelajaran : Student Centre Learning
8. Skema Belajar : Penuh Waktu
9. Lama Studi : 4 – 5 Tahun
10. Jumlah Semester : 8 Semester
11. Jumlah Minggu : 16 Minggu/semester
12. Persyaratan Calon Mahasiswa : Lulusan SMA/SMK Sederajat yang
memenuhi kriteria Seleksi Sistem PMB
13. Level Kompetensi KKNl : 6 (enam)

 

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

VISI

Menjadi program studi di bidang informatika dan komputer yang berdaya saing internasional dan menghasilkan lulusan beretika profesi pada tahun 2027

MISI

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan dengan mengacu pada standar kurikulum informatika tingkat nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang dipublikasikan setingkat nasional maupun internasional di bidang informatika dan komputer.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang informatika untuk membantu pemecahan masalah masyarakat dan industri yang mendukung sektor healthcare, agro-industry, tourism, dan small mediumenterprise.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi di bidang Informatika dan komputer yangmampu bekerja secara mandiri maupun tim dalam tingkat nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian yang berkontribusi pada perkembangan ilmu dan teknologi di bidang Informatika dan komputer.
  3. Meningkatkan peran serta civitas akademika Program Studi S1 Teknik Informatika dalam pembangunan melalui pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan maupun konsultasi di bidang Informatika yang mendukung sektor healthcare, agro-industry, tourism, dan small mediumenterprise.

SASARAN

  1. Terwujudnya proses pembelajaran yang mengacu standar kurikulum informatika KKNI dan ACM.
  2. Dihasilkannya kompetensi lulusan dalam bidang informatika dan komputer yang siap bekerja dan beretika.
  3. Dihasilkannya penelitian yang berkualitas yang dipublikasikan setingkat nasional dan internasional.
  4. Terwujudnya pemanfaatan hasil penelitian yang mampu berkontribusi pada perkembangan ilmu dan teknologi pada bidang informatika yang mendukung sektor healthcare, agro-industry, tourism,dan small medium enterprise.
  5. Meningkatkan potensi kemajuan masyarakat.
  6. Terwujudnya jalinan kerjasama dengan masyarakat terhadap kepakaran dosen dalam pembinaan, bimbingan, dan konsultasi di bidang informatika.

PROFIL LULUSAN

Lulusan memiliki kemampuan untuk menguasai sistem terdistribusi, menguasai topologi jaringan, menguasai teknologi keamanan jaringan, menguasai pengembangan sistem operasi, dan memiliki kemampuan bekerja secara profesional untuk menyelesaikan proyek di bidang Teknologi Informasi.

Lulusan memiliki kemampuan untuk merancang dan mengelola data multimedia, memiliki kemampuan menganalisis permasalahan data multimedia, dan memiliki kemampuan bekerja secara profesional untuk menyelesaikan proyek di bidang Multimedia.

Lulusan memiliki kemampuan untuk menguasai kecerdasan komputasional, menguasai pembelajaran deep learning, memiliki kemampuan menganalisis permasalahan sistem cerdas, memiliki kemampuan dalam mengembangkan sistem cerdas, dan memiliki kemampuan bekerja secara profesional untuk menyelesaikan proyek di bidang Sistem Cerdas.

Lulusan memiliki kemampuan untuk menerapkan algoritme dalam suatu penelitian, memiliki kemampuan menerapkan teori informatika dalam pemecahan masalah, memiliki kemampuan menganalisis permasalahan Teknik Informatika, dan memiliki kemampuan bekerja secara profesional untuk menyelesaikan proyek di bidang Teknik Informatika.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  4. Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
  5. Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Informatika secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang Informatika secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  2. Menguasai konsep teoritis yang memadai terkait cara kerja sistem komputer dan mampu merancang serta mengembangkan berbagai algoritme/metode untuk memecahkan masalah.
  3. Menguasai pengetahuan dalam mengembangkan algoritme/metode yang diimplementasikan dalam perangkat lunak berbasis komputer.
  4. Menguasai pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan matematika dasar dan teori ilmu komputer.
  5. Menguasai kemampuan untuk memiliki perspektif kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan pemikiran komputasi.
  6. Menggunakan keterampilan yang relevan dalam mempelajari area ilmu komputer untuk meningkatkan produktivitas.
  7. Menunjukkan komitmen terhadap etika dan perilaku profesional di tempat kerja dan di kehidupan sehari-hari.
  8. Menguasai kemampuan berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dari beragam latar belakang.
  9. Mempelajari model baru, teknik, teknologi, dan peralatan untuk menerapkan efektivitas dalam meningkatkan kualitas diri seumur hidup.
  10. Menunjukkan keterampilan antar-pribadi sebagai bagian dari tim dalam setiap peraturan, termasuk kepemimpinan dalam menyampaikan hasil/resolusi yang berkualitas.
  11. Menerapkan keterampilan kewirausahaan di bidang teknologi Informatika.

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada anggota yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu merancang dan mengembangkan algoritme untuk keperluan Keamanan Jaringan.
  2. Mampu merancang dan mengembangkan algoritme untuk keperluan Teknologi Kompresi Multimedia.
  3. Mampu merancang dan mengembangkan algoritme untuk keperluan Komputasi Mobile Cerdas.
  4. Mampu merancang dan mengembangkan algoritme untuk keperluan Manajemen Informasi.
  5. Mampu merancang dan mengembangkan algoritme untuk keperluan Kompleksitas Algoritma.
  6. Mampu merancang dan mengembangkan algoritme untuk keperluan Interaksi Manusia dan Komputer
  7. Mampu mengembangkan algoritme untuk keperluan Grafika dan Komputasi Visual.
  8. Menguasai sistem terdistribusi.
  9. Menguasai pengembangan sistem operasi.
  10. Menguasai pembelajaran deep learning.
  11. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan sistem cerdas.
  12. Menguasai topologi jaringan.

FILOSOFI

Bentuk

Warna

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By Institut Teknologi Telkom Purwokerto