Blog

  • Home
  • Membanggakan! Mahasiswa ITTP Merahi 1st Best Chatbot

Membanggakan! Mahasiswa ITTP Merahi 1st Best Chatbot

Kabar prestasi kembali menyapa. kali ini berasal dari Refi Junitasari dari program studi Teknik Informatika. Bersama Team Hawaariyyun, berhasil mendapatkan posisi pertama pada lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor bersama dengan AI4IMPACT yang berkolaborasi menyelenggarakan program “๐•๐ข๐ซ๐ญ๐ฎ๐š๐ฅ ๐“๐จ๐ฎ๐ซ๐ข๐ฌ๐ฆ ๐๐จ๐จ๐ญ๐œ๐š๐ฆ๐ฉ”

Proyek yang ia dan tim buat adalah chatbot yang diberi namaย Boguma (Bogor Untuk Mendunia). Chatbot ini dibuat untuk mempermudah para wisatawan yang ingin mengunjungi kota Bogor.

Tampilan Boguma

Pada kegiatan ini, para peserta diminta untuk membangun chatbot yang relevan dengan topik pariwisata. Kepada tim student staff, mahasiswi semester 3 ini mengungkapkan bahwa kegiatan lomba tersebut dilakukan selama sebulan.

โ€œKegiatan lomba sekitar satu bulan karena fokus utama bootcamp jadi ada mentor yang membimbing dan mengevaluasi proyek yang kita selama kegiatan bootcampโ€  jelasnya lebih lanjut.

Untuk mekanisme perlombaan sendiri diawali dengan mempelajari desain thinking chatbot dan konsep chatbot. Kemudian membangun chatbot pertama lalu dikumpulkan melalui link submission yang tersedia. Setelah itu mentor akan memberikan evaluasi untuk memperbaiki project yang sudah dibuat untuk submission berikutnya.

Baru mengenal coding saat lulus SMA, membuat Refi ingin mencoba hal baru di bidang IT.

โ€œKedepannya udah gak fokus ke chatbot, mungkin pengen coba hal baru kayak bidang  ui/uxโ€ tutupnya.