Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua HMIF Periode 2018/2019

Rabu, 28 Maret 2018, Dewan Perwakilan Mahasiswa S1 Informatika (DPM-IF) IT Telkom Purwokerto, melalui Panitia Pemilu Raya (PAMIRA) telah melaksanakan debat terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa S1 Informatika (HMIF) periode 2018/2019 di Aula IT Telkom Purwokerto.

Debat ini dimoderatori oleh Isnanda Muhammad Zain selaku Wakil Ketua HMIF Periode 2017/2018. Turut hadir juga Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), Bpk. Didi Supriyadi, S.Kom, M.T., Kaprodi S1 Informatika, Bpk. Muhammad Zidny Naf’an, S.Kom, M.Kom., dan beberapa perwakilan dosen.

Debat kandidat tersebut diikuti oleh dua calon ketua dan wakil ketua HMIF yaitu pasangan nomor urut satu Anggyta Hanan Rusyadi-Nur Ikhwanudin, pasangan nomor urut 2 Ridho Aji Nur Kusuma-Bangkit Wiguna.

 

 

Terdapat setidaknya tiga pokok pembahasan yang ditanyakan kepada kedua calon ketua dan calon wakil ketua HMIF tersebut, yaitu sinergitas antar lembaga di Program Studi S1 Informatika, kaderisasi sumber daya manusia, dan kaderisasi riset.

Pada pelaksanaannya, debat dibagi menjadi beberapa sesi dimana sesi yang pertama para calon ketua dan wakil ketua HMIF dipersilakan untuk memaparkan visi dan misi mereka masing-masing sekaligus memaparkan terkait program-program yang akan dilaksanakan agar bisa memiliki manfaat yang positif bagi mahasiswa program studi S1 Informatika.

Sesi selanjutnya diisi dengan pengajuan pertanyaan dari moderator mengenai tiga pokok bahasan yang telah disebutkan sebelumnya. Para calon dengan semangat dan lantang menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan oleh moderator sesuai dengan apa yang sudah mereka masing-masing rencanakan.

Kemudian, terdapat sesi dimana moderator memberikan kesempatan bagi para audience yang hadir untuk memberikan pertanyaan. Dekan FTII, ikut serta mengajukan diri sebagai penanya pertama. Melalui kesempatan tersebut, beliau menantang pasangan calon bahwa selama satu periode mereka nanti, mereka harus dapat menciptakan setidaknya satu startup yang tidak hanya berdiri namun juga berhasil menciptakan sebuah produk yang dapat dipasarkan.

Senada dengan Dekan FTII, Kaprodi S1 Informatika juga mengutarakan hal yang sama mengenai kegiatan riset di program studi S1 Informatika.

Calon pasangan nomor urut 1 ketika diberikan kesempatan untuk menjawab, menyatakan sanggup untuk menciptakan sebuah startup yang menghasilkan sebuah produk, lebih lanjut mereka juga memaparkan bahwa akan mengembangkan kewirusahaan yang ada di Himpunan agar mampu menjalankan bisnis yang lebih beragam.

Calon nomor urut 2 juga menyatakan kesanggupannya dalam menciptakan sebuah startup yang menghasilkan sebuah produk nantinya, mereka memaparkan bahwa sebenarnya banyak mahasiswa S1 Informatika yang memiliki potensi untuk mengembangkan sebuah startup hanya saja masih belum adanya wadah yang menampung ide-ide mereka, oleh karenanya mereka akan berusaha untuk menampung ide-ide yang ada agar nantinya dapat tercipta lebih banyak kegiatan riset yang semakin memperbesar kemungkinan hadirnya sebuah startup di Program Studi S1 Informatika khususnya.

Sesi debat kemudian ditutup pemberian kesempatan kepada masing-masing pasangan calon mempromosikan diri mereka dihadapan audience untuk memilih mereka pada pemilu esok harinya. Acara kemudian ditutup oleh MC sekaligus mengingatkan kembali bahwa besok akan diadakan pencoblosan calon ketua dan wakil ketua HMIF periode 2018/2019.

Share This Post

About Author: informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *