Sadarkan Mahasiswa S1 Informatika Tentang Pentingnya Keamanan Sistem dan Teknologi Informasi Melalui Seminar

jakarta tisam dan tenia wahyuningrumPURWOKERTO – Jumlah kejahatan komputer terutama yang berhubungan dengan sistem informasi yang semakin meningkat. Begitu pula dengan berkembangnya teknologi informasi yang mengubah tatanan kehidupan menjadi information based society,  menggerakkan mahasiswa S1 Informatika Angkatan 2013 untuk menyelenggarakan seminar lokal.

Seminar Lokal dengan judul “Keamanan Sistem dan Teknologi Informasi”, Sabtu (17/10) pada pukul 08:00 di aula ST3 Telkom Purwokerto. Seminar yang dihadiri oleh 138 mahasiswa S1 Infomatika ST3 Telkom dari berbagai angkatan tersebut dinarasumberi oleh Jakarta Tisam, S.PTP, M.SI., beliau adalah Kasi Telematika Pos dan Telekomunikasi Dishubkominfo serta Vice Director dari Banyumas Creative Center dan Tenia Wahyuningrum sebagai moderator.

peserta seminar keamanan sistem dan teknologi informasi

Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang memulai untuk menghubungkan sistem informasinya dengan jaringan komputer bersifat global, akan tetapi masih banyak yang tidak diikuti oleh kesadaran pentingnya keamanan sistem. Seperti yang Jakarta Tasim sampaikan, “Survey Information Week (USA), 1271 System of network manager, hanya ada 22% yang menganggap keamanan sistem itu penting,”. Kelangsungan proses dan fungsi kerja menjadikan keamanan keamanan informasi berhubungan dengan seluruh metode dan alat kontrol yang ditujukan untuk melindungi kerahasiaan, keutuhan, dan ketersediaan informasi serta menjaga kenyamanan seorang pekerja dan pelanggan. “Bagaimana pengguna nyaman? Biasanya pengguna ingin informasinya nyaman. Selalu kata-kata yang ditujukan itu, saya punya dara rahasia, aman tidak? Kenyamanan menjadi salah satu informasi yang sangat penting,” Terang Jakarta Tisam. Namun, beliau juga menjelaskan tentang susahnya mendapatkan sumber daya manusia yang memang memiliki ahli dalam bidang keamanan sistem. Untuk itu, diharapkan selain memiliki ijazah dan kompetensi di bidang komputer, hendaknya mahasiswa informatika juga dibekali dengan berbagai macam sertifikasi.

Antusiasme peserta seminar terlihat jelas dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan dari beberapa mahasiswa pada nara sumber mengenai keamanan sistem, perkembangan teknologi informasi di desa-desa, serta kriteria-kriteria yang dapat menduduki posisi sebagai pemegang keamanan sistem pada saat sesi pertanyaan sedang dimulai. Adanya hadiah kepada 3 mahasiswa yang bertanya semakin membuat semangat para mahasiswa.

pemberian kenangan jakarta tisam

Pada penghujung acara, ST3 Telkom Purwokerto memberikan kenang-kenangan berupa plakat yang diberikan langsung dari Imam MPB, S.T., M.T., selaku Wakil Ketua II ST3 Telkom Purwokerto kepada Jakarta Tisam, S.PTP, M.SI.

.

(Rendy Andriyanto)

Edited: Tenia Wahyuningrum, S.Kom.,M.T.

Related Post

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp : 0281-641629

WA  : 0812-2831-9222

Email : [email protected]

Website Official : ittelkom-pwt.ac.id

Website PMB : pmb.ittelkom-pwt.ac.id

Negara : Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Bridging Technology for Humanity
Jl. D.I Panjaitan No. 128 Purwokerto 53147, Jawa Tengah – Indonesia

Telp

WA

Email

Website Official

Website PMB

Negara

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE)

Fakultas Informatika (FIF)

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Copyright ©2024 All Rights Reserved By Institut Teknologi Telkom Purwokerto