Inisiasi Kerjasama Program Hibah Desa 2015 ST3Telkom dengan Desa Dermaji

hibah desa228/03/2015 – Sekolah Tinggi Teknik Telematika Telkom Purwokerto (ST3Telkom) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melakukan pemaparan program kerja dan survey data dengan nama Program Partnership ST3Telkom dan Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas.

 

Diplihnya Desa Dermaji karena Desa Dermaji dianggap sebuah desa yang melek Tehnologi Informasi dengan semangat yang luar biasa. “Orang kota mengerti dan mengenal internet adalah biasa, tetapi kalau orang desa dengan 15 % penduduknya adalah pengguna internet adalah luar biasa” kata Heru Prianto, salah satu dosen di ST3 Telkom Purwokerto. “Apabila program ini berhasil diterapakan di Desa Dermaji, nantinya bisa di tularkan ke desa lainnya” , lanjut Heru.

 

Berikut ini beberapa program yang ditawarkan dan dijelaskan oleh Mahasiswa dari ST3Telkom:

  1. Akses Jaringan Internet
  2. Digitalisasi
  3. Museum Digital
  4. Maintenance Hardware
  5. Pelatihan Web
  6. Cutting Stiker

 

Berdasar kegiatan diskusi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat yang hadir pada acara tersebut, program yang ditentukan untuk dijadikan prioritas adalah Akses Jaringan Internet dan Musem Digital, dikarenakan jaringan internet adalah sarana utama untuk memaksimalkan kegiatan Teknologi Informasi.

 

Rencananya, program ini akan diajukan ke pemerintah (DIKTI) dalam program Hibah Desa.

Hibah Desa ST3Telkom dengan Desa Dermaji

Editor: Rendy Andriyanto

Share This Post

About Author: didisupriyadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *