Kuliah Kerja Lapangan Program Studi S1 Informatika IT Telkom Purwokerto

Senin (28/1) dini hari, peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bersiap-siap untuk melakukan kunjungan dengan rute Jogja, Sragen, hingga Bali. KKL tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa S1 Informatika (HMIF) yang diikuti oleh peserta sekitar 60 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai program studi di Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII).

Adapun dosen-dosen dari program studi S1 Informatika yang turut mendampingi KKL antara lain Bapak Fahrudin Mukti Wibowo, S.Kom., M.Eng., Bapak Agi Prasetiadi, S.T., M. Eng., Bapak Wahyu Andi Saputra, S.Pd., M.Eng., dan Bapak Auliya Burhanuddin, S.Si., M. Kom..

Bapak Wahyu Andi Saputra, S.Pd., M.Eng. dengan pejabat Dishubkominfo Kabupaten Sragen

Menurut salah satu penanggung jawab KKL dari mahasiswa, Eliza Tyas Damayanti, mengatakan bahwa dengan KKL ini diharapkan peserta dapat memahami industri yang bergerak di bidang pers, bidang pemerintahan, dan bidang pertelevisian. Selain itu, tidak lupa juga menjalin hubungan baik dengan institusi pendidikan yang menjadi tujuan utamanya.

“Industri yang bergerak di bidang pers, kita mengunjungi Kantor Kedaulatan Rakyat Jogja. Kemudian, di bidang pemerintahan, kita mengunjungi Kantor Dishubkominfo Kabupaten Sragen. Sedangkan, di Bali, kita mengunjungi institusi pendidikan Universitas Udayana Bali dan industri pertelevisian, Kantor Bali TV,” paparnya.

Bapak Agi Prasetiadi, S.T., M. Eng. dengan salah satu pegawai Bali TV

Selain itu, di sela-sela KKL dilakukan, peserta juga disuguhkan sejumlah wisata di Bali yang dapat memanjakan mata selama liburan semester gasal.

“Wisata-wisata yang kita kunjungi antara lain seperti Pantai Kuta dan Pantai Pandawa. Kebetulan, Pantai Kuta tidak jauh dengan lokasi penginapan peserta KKL yaitu di Bali Kuta Resort. Kemudian, di Pantai Pandawa, kita disuguhkan tari tradisional khas Bali, yaitu Tari Kecak,” tambahnya.

Antusiasme juga dirasakan oleh salah satu peserta KKL, Afrillebar Putra Pratama, yang mengatakan bahwa KKL ini tidak hanya kita berkunjung ke suatu industri, instansi pemerintahan, dan institusi pendidikan, tetapi bisa sekaligus liburan.

“Dengan KKL ini, kita tidak hanya memperoleh ilmu yang bermanfaat dan relasi, tetapi juga bisa berlibur menikmati indahnya wisata yang ada di Bali,” ujarnya.

Kegiatan KKL tersebut berakhir pada Kamis (31/1). Selanjutnya, perjalanan kembali menuju kota asal yaitu Purwokerto dan tiba pada Jumat (1/2) pukul 12.10 WIB.

[HSW]

Share This Post

About Author: informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *