Dosen S1 Informatika Juarai Ajang Duta Baca Provinsi Jawa Tengah 2018

Dosen S1 Informatika IT Telkom Purwokerto, Novanda Alim Setya Nugraha, S.S., M.Hum., berhasil menjuarai ajang Duta Bahasa Jawa Tengah 2018 sebagai Juara Terbaik II. Ajang tersebut diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah di Perpustakaan Jawa Tengah pada Selasa, 21 Agustus 2018.

Di ajang tersebut telah diikuti sebanyak 10 nomine dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang telah diseleksi dari segi administrasi, esai, dan program kerja duta baca. Tim juri Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah 2018 terdiri dari Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNDIP, Dr. Teguh Yuwono, M.Pol., selaku ketua tim juri dan dua anggota juri lainnya yaitu Praktisi Radio, Nadya Ardiwinata, serta Pustakawan Ahli Madya, Titik Rahajoe.

Dihadapan juri dan penonton, para nomine berupaya mencuri perhatian melalui presentasi profil diri, visi misi, program kerja, dan program-program untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Jawa Tengah jika terpilih menjadi duta baca Jawa Tengah tahun 2018.

Beliau selaku Mas Duta Wisata Kab. Kebumen 2012, telah berhasil memaparkan program kerjanya yang telah dilaksanakan seperti membuat pojok baca di desanya Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, Kebumen, serta pemberdayaan ibu-ibu yang berjumlah sekitar 25 orang orang melalui kegiatan “Bunda Baca” dimana setiap hari senin dan jumat pagi sebelum senam aerobik dimulai, ibu-ibu diajak untuk melaporkan hasil bacaan buku yang mereka pinjam.

“Kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2014 dimana ada dua objyek wisata utama yaitu Taman Reptil Adiluhur (TARA) dan Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK). Selain itu, di kampus IT Telkom Purwokerto, saya juga membuat aktivitas outbond dalam pembelajaran setiap mata kuliahnya serta kegiatan “Sapa Perpustakaan” dan “Novel Riview” bagi mahasiswa,” jelasnya.

Beliau selaku Dosen S1 Informatika turut menyampaikan pesan agar mahasiswa bersemangat dalam menggali dan menekuni kemampuan yang dimiliki.

“Sebagai makhluk yang berakal, kita harus menjadi pribadi yang mau mencoba hal baru dan konsisten dengan apa yang kita tekuni. Kita juga harus menggali passion dan menjaga attitude karena itu segalanya,” pesannya.

Pesan tersebut ditujukan kepada mahasiwa IT Telkom Purwoketo, khususnya mahasiswa S1 Informatika, agar bisa mengembangkan kemampuannya dan dapat berprestasi sesuai dengan passion mereka serta dapat membanggakan diri sendiri, orang tua, serta almamater IT Telkom Purwokerto.

 

Pewarta: Thowaf Fuad Hasan [TFH]

Editor: Hilman Singgih Wicaksana [HSW]

Share This Post

About Author: informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *