• Mahasiswa Teknik Informatika Bangun Website Fasilitas Umum

Mahasiswa S1 Informatika Bangun Website Fasilitas Umum

Bertempat di kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Jln. DI Panjaitan, Purwokerto. Mahasiswa dari program S1 Informatika bangun website mengenai fasilitas umum, Rabu, 25 Juli 2018.

Website ini sengaja dibuat oleh mahasiswa dan mahasiwi teknik informatika untuk memberikan edukasi dan permudah masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai fasilitas umum, selain dari google maps yang sudah sangat familiar di tataran masyarakat kita.

Membantu dan Menciptakan Kemudahan

Ketua dari tim pembuatan website, Mukhlis Adhe Purwanto, menjelaskan bahwa kami yang tergabung dalam tim Niki (sebutan tim riset dalam kelompok) berusaha untuk menciptakan kemudahan bagi masyarakat.

“Khususnya yang tinggal di Purwokerto dalam mendapatkan informasi mengenai fasilitas umum, tanpa harus menggunakan google maps. Secara, kami lihat menggunakan google maps untuk mencari fasilitas umum sangatlah banyak variannya dan membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk mencari keberadaan tempat yang kita inginkan, berbanding terbalik dengan website yang kami ciptakan ini. Website yang kami ciptakan akan langsung menunjukan fasilitas umum sesuai dengan keberadaan dari kita pada waktu mencari informasi”, jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, bahwa untuk menjadi bagian serta menikmati dari layanan website ini hanya meminta kesediaan masyarakat untuk melakukan registrasi menjadi bagian dari website kami. Ketika sudah menjadi user, apabila pertama kali masuk ke sistem website mereka (user) akan langsung dilihatkan dengan beberapa ikon fasilitas umum. Contohnya saja ikon SPBU, Tempat Ibadah, Fotocopy, dan Rumah Sakit, ungkapnya.

Dosen pembimbing perancangan website ini, Aditya Wijayanto, S.Kom., M.Cs., menjelaskan bahwa dengan adanya pembangunan website dengan mengambil konsep mengenai fasilitas umum, mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan kualitas. Karena beberapa anak bangsa kita sendiri ternyata mampu memberikan warna yang lebih praktis daripada sistem yang dibuat oleh pihak asing ditengah perkembangan teknologi yang semakin hari semakin gencar dan modern, jelasnya.

Dia menambahkan, anak – anak sudah berusaha dengan sebaik – baiknya dalam menciptakan website dengan mengambil rancangan mengenai fasilitas umum. Karena mereka tentunya ingin semua orang bisa mencari fasilitas umum dengan cepat dan akurat tentunya. Harapannya semoga masyarakat antusias dengan hadirnya website yang dibangun oleh mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto tersebut, sebagai produk lokal yang mampu bersaing dengan produk asing, tambahnya.

Share This Post

About Author: informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *