• IT Telkom Purwokerto

Bijak dalam Ber-“Medsos”

Fenomena untuk selalu eksis pada media sosial merupakan suatu hal yang sedang digandrungi oleh banyak kalangan khususnya generasi muda. Seperti yang dilansir oleh Kemenkominfo bahwa di Indonesia terdapat 63 juta pengguna internet dan 95% diantaranya menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Lebih dari 50% merupakan pengguna internet dari kelompok usia produktif. Berdasarkan data ini sangatlah diperlukan adanya edukasi penggunaan internet khususnya media sosial kepada kelompok usia produktif tersebut, sehingga mereka dapat lebih bijak dalam mengunakan internet atau media sosial.

Oleh karena itu, pada akhir Juni lalu, IT Telkom Purwokerto, yang diwakili oleh Ibu Emi Iryanti, S.ST., M.T., salah satu dosen Prodi S1 Informatika, mengadakan sosialisasi dan mengenalkan media sosial di Panti Asuhan Darul Hadlonah, Kebondalem, Purwokerto.  Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak maupun remaja yang tinggal di Panti Asuhan tersebut.

IT Telkom Purwokerto

Ibu Emi Iryanti saat menyampaikan materi

Keunggulan Media Sosial

Dalam kesempatan ini Ibu Emi Iryanti memaparkan bahwa media sosial memiliki beberapa keunggulan, diantaranya: 1) Cepat, ringkas, simpel, user friendly. 2) Menciptakan hubungan lebih intens dan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada user untuk berinteraksi dengan stakeholders. 3) Jangkauan luas dan global. 4) Kendali dan terukur. Dalam medsos dengan sistem tracking yang tersedia, pengguna dapat mengendalikan dan mengukur efektivitas informasi yang diberikan melalui respons balik serta reaksi yang muncul.

Selain itu beliau menyampaikan bahwa salah satu manfaat media sosial dapat membentuk sikap yang kritis. Masyarakat luas akan beramai-ramai bertindak kritis jika ada suatu trending topic, baik pro maupun kontra. Masyarakat dengan reaksi alamiahnya akan memberikan komentar mengenai kejadian dan peristiwa yang menjadi trending topic.

Sumber:

http://ittelkom-pwt.ac.id/dosen-ittp-sosialisasi-penggunaan-media-sosial-bagi-generasi-muda/

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker

Share This Post

About Author: informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *